TINGKATKAN PAD PBB-P2, BAPENDA MONITORING LANGSUNG KE DESA-DESA

┬áSeluma,Media Center Kabupaten Seluma – Menindaklanjuti instruksi Bupati Seluma Erwin Octavian SE, tentang target Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus meningkat setiap tahunnya. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Seluma melaksanakan Monitoring dan Evaluasi ke Desa-desa yang Realisasi Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) masih rendah, Kamis (1/12/2022).
“Berdasarkan instruksi Bupati, bahwa PAD Seluma harus ada peningkatan dari tahun ke tahun, hari ini kita kembali turun ke Desa -desa untuk melaksanakan monitoring terhadap realisasi PBB-P2 Desa yang masih rendah,” Ungkap Plt Kepala Bapenda Kabupaten Seluma Yuyun Afrianto.
Dijelaskannya, Kabupaten Seluma saat ini tengah melakukan pembangunan besar-besaran tentu membutuhkan banyak asupan dana. Selain APBD dan gencar melakukan komunikasi ke pemerintah pusat, juga fokus terhadap peningkatan PAD.
“Untuk hari ini kita turun langsung ke Desa yang berada di Kecamatan Seluma Selatan, Kecamatan Sukaraja, Kecamatan Ilir Talo, dan yang kita sasar yang realisasi pajak PBB-P2 masih dibawah 50%,” Sampainya
Ditambahkannya, salah satu kendala yang dihadapi Desa yaitu kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak dan wajib pajak yang mempunyai tanah didesa namun berdomisili di tempat lain.
“Namun selain itu juga setelah dilakukan monitoring dan evaluasi, ada beberapa Desa yang realisasinya masih rendah dikarenakan belum menyetorkan tagihan pajak PBB-P2 ke rekening Kas Umum Daerah melalui Bank Bengkulu,” Tambahnya.
Dilanjutkannya Beberapa Kepala Desa Yang di kunjungi siap meningkatkan persentase pembayaran PBB-P2 di atas 50%.
“Beberapa kades sepakat untuk meningkatkan capaian persentase pajak, dan kita minta paling lambat tanggal 29 Desember 2022 sudah di atas 50 persen. Di samping monitoring tersebut tim dari Bapenda juga melakukan penagihan Pajak Reklame ke wajib pajak,” Akhirnya. (TM)
Media center Kabupaten seluma\Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik kabupaten Seluma
Sumber : Bapenda Kabupaten Seluma

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts