RAPAT KOORDINASI PENDAFTARAN BUMDES DI APLIKASI OSS

Tak Berkategori
Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Dinas PM-PTSP melaksanakan rapat mengenai pendaftaran BUMDES di aplikasi Kemendes dan Pendaftaran Izin Usaha di Aplikasi OSS, Senin (25/4/2022) di Ruang Rapat Kantor DPM-PTSP Seluma.
Rapat dipimpin langsung oleh Plt. Kepala Dinas PM-PTSP Mulyadi, S.Pd. didampingi Kabid Bidang Perizinan Ekonomi Pembangunan Devi Herlina, SH beserta Tim yang membidangi dan dihadiri Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dinas PMD Seluma Faisal, SE dan tim serta tenaga ahli pendamping desa.
Rapat ini membahas mengenai masih banyaknya BUMDES yang belum terdaftar di Kementerian Desa. Dari 182 BUMDES hanya 21 BUMDES yang sudah terdaftar di aplikasi Kementerian Desa.
Plt. Kepala Dinas PM-PTSP Mulyadi, S.Pd. menyampaikan berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 2021 pendaftaran BUMDES cukup menggunakan PERDES tetapi PERDES masih banyak yang belum diregistrasi di Bidang Hukum Setda Kabupaten Seluma.
Menurut PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, Bab II Pasal 8 menyatakan bahwa BUMDES bersama memperoleh status badan hukum pada saat diterbitkannya sertifikat pendaftaran secara elektronik dari Menteri yang menyelenggarakan urusan Pemerintahan di bidang hukum dan Hak Asasi Manusia.
“Dari PP diatas dapat di simpulkan BUMDES harus terdaftar di aplikasi KEMDES (https://bumdes.kemendes.go.id) sedangkan untuk Unit Usaha BUMDES tersebut wajib di daftarkan di aplikasi Kementerian Investasi/BKPM, OSS RBA (Online Single Submission Risk Basked Approach,” jelas Plt. DPM-PTSP. (JP/EM)