PMI KABUPATEN SELUMA GELAR SOSIALISASI PENGUATAN MITIGASI BENCANA

Tak Berkategori

PMI KABUPATEN SELUMA GELAR SOSIALISASI PENGUATAN MITIGASI BENCANA

Penago Baru, Media Center Kabupaten Seluma – Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto yang juga sebagai Ketua PMI Kabupaten Seluma membuka Sosialisasi Penguatan Mitigasi Bencana kepada masyarakat di Desa Penago Baru Kecamatan Ilir Talo, Kamis (30/9/2021). Sosialisasi yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Seluma ini diikuti oleh tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) dan perangkat Desa Penago Baru dan dihadiri oleh Camat Ilir Talo Nopetri Elmanto. Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Nurlaili Wenis, SKM, M.Ak. yang juga sebagai ketua panitia pelaksana mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk penanggulangan pra bencana, yakni penguatan SDM sebelum terjadinya bencana.

“Desa Penago Baru ini merupakan desa binaan PMI dan pada kesempatan ini diberikan pengetahuan dan praktek pertolongan pertama saat terjadi bencana kepada peserta,” ujarnya. Wabup dalam arahannya menyampaikan bahwa Kecamatan Ilir Talo merupakan salah satu kawasan rawan bencana terutama bencana tsunami, karena ada lima desa yang berada di sepanjang garis pantai.

“Sudah menjadi kewajiban PMI dan pemerintah untuk memberikan pengetahuan sebagai upaya kesiapsiagaan kita dalam mengantisipasi datangnya bencana”, ujar Gustianto. Wabup juga menyampaikan bahwa tidak ada yang mengharapkan datangnya bencana, tapi ketika bencana terjadi maka masyarakat yang berada di kawasan rawan sudah harus siap dan tanggap. Ia juga berharap kepada 30 orang anggota SIBAT yang ada di Desa Penago Baru ini dapat berkolaborasi dengan Tim Reaksi Cepat BPBD ketika terjadi bencana.

“PMI akan terus memberikan sosialisasi penguatan mitigasi bencana sebagai bentuk penguatan kepada masyarakat khususnya yang berada di kawasan rawan bencana”, lanjut Wabup. Wabup bersama pengurus PMI serta Camat Ilir Talo kemudian melakukan mengecekan langsung kondisi tempat evakuasi tsunami yang berlokasi di Desa Rawa Indah. Gedung ini difokuskan untuk tempat evakuasi bencana bagi masyarakat desa yang berada di pinggir garis pantai dan rawan bencana tsunami di Kecamatan Ilir Talo. (EM) MC Kabupaten Seluma/Kominfo Seluma.Info dan foto : PMI Kabupaten Seluma.