PERESMIAN PENERANGAN JALAN UMUM TENAGA SURYA DI KABUPATEN SELUMA

Tak Berkategori

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Inspektur Jenderal Kementerian ESDM RI Akhmad Syakhroza mengunjungi Kabupaten Seluma dalam rangka meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Wilayah Kabupaten Seluma, Kamis (05/12/2019) bertempat di Gedung Daerah Serasan Seijoan Kabupaten Seluma.

Kunjungan kerja Irjend Kementerian ESDM RI beserta rombongan ini disambut oleh Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto M.Si yang didampingi anggota Forkopimda Kabupaten Seluma, Pejabat Eselon II dan III, Camat beserta Lurah dan Kepala Desa di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M. Si dalam sambutannya antara lain menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih atas kunjungan Bapak Akhmad Syakhroza beserta rombongan dari Kementerian ESDM RI yang telah memberi bantuan sebanyak 120 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Seluma.

“Dalam kesempatan ini juga saya mengharapkan kepada Kementerian ESDM RI agar dapat menambah bantuannya baik berupa PJU-TS maupun bantuan berupa sumur bor karena di daerah Kabupaten Seluma ini pada musim kemarau sering terjadi kekurangan air bersih”, lanjut Suparto.

Inspektur Jenderal Kementerian ESDM RI Akhmad Syakhroza dalam sambutannya langsung menanggapi permintaan Wakil Bupati Seluma dengan meminta kepada para Kepala Desa dan Lurah di Kabupaten Seluma yang wilayahnya belum ada lampu penerang jalannya agar segera mengajukan proposal permohonan pemasangan lampu PJU-TS dan sumur bor kepada Kementerian ESDM RI.

“Kami dari kementerian butuh titik dimana lampu akan dipasang karena yang paling tahu kebutuhan masyarakat itu adalah Lurah dan Kepala desa, maka dari itu kami mengharapkan agar Lurah/Kepala Desa untuk mengajukan proposal permohonan paling lambat dua minggu ke depan” , disampaikan Akhmad Syakhroza.

“Adapun cara kerja Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya ini yaitu Selagi ada matahari pada siang hari maka malamnya lampu akan hidup karena dengan jalan inilah salah satu cara dalam membantu masyarakat yang belum mempunyai penerangan jalan”, lanjut Akhmad Syakhroza.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Seluma Hadi Susanto, S. Sos, MM. melalui Kabid Pertamanan Joko Handoyo, SKM. menyatakan bahwa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Seluma ini sumber dananya berasal dari Kementerian ESDM RI Tahun 2019 dan di Kabupaten Seluma telah terpasang sebanyak 120 unit yang berlokasi di tempat-tempat jalan strategis, rumah ibadah, lokasi perkantoran, dan untuk Tahun 2020 telah diusulkan sebanyak 420 unit.

Acara dilanjutkan dengan serah terima JPU-TS dari Kementerian ESDM RI kepada Pemerintah Kabupaten Seluma yang diwakili oleh Wakil Bupati Seluma sebagai tanda telah diremikannya pemakaian JPU-TS di Kabupaten Seluma dan dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari Pemerintah Kabupaten Seluma kepada Kementerian ESDM RI lalu bersama-sama meninjau ke lokasi dimana PJU-TS dipasang. (EM/HbS).

MC Kabupaten Seluma/Kominfo Seluma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.