DINAS KESEHATAN DAN OPD LAINNYA LANGSUNG TERJUN KE LOKASI WILAYAH TERDAMPAK BANJIR

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Rudi Syawaludin, S.Sos mengkoordinir langsung seluruh jajarannya untuk membantu masyarakat korban banjir di wilayah Kabupaten Seluma, Kamis (30/6/2022).
Akibat hujan deras dan berlangsung lama, beberapa wilayah di Kabupaten Seluma terdampak banjir. Tim Krisis Dinas Kesehatan dibawah komando Kepala Dinas Kesehatan langsung bergerak ke lokasi banjir di wilayah Kabupaten Seluma dengan membagi 2 tim.
“Tim 1 langsung saya yang pimpin, bertugas ke wilayah banjir di sebelah utara Kabupaten Seluma dengan membawa satu unit mobil PSC dan tim 2 dipimpin oleh Kabid Yankes yang bertugas ke wilayah Selatan dengan membawa satu unit mobil PSC,” ujar Kadis Dinkes Seluma.
Kepala Dinkes mengintruksikan kepada program terkait dibawah komando Tim krisis Dinkes agar segera turun kelapangan dan membuat laporan hasil sesuai program masing-masing, yaitu :
1. Bidang Yankes
Bertugas memastikan pelayanan kesehatan masyarakat yang terdampak maupun tidak terdampak langsung dan membuka pos pelayanan.
2. Bidang Kesling
Bertugas menghitung kebutuhan air bersih, MCK bagi pengungsi dan memantau di daerah pengungsian.
3. Bidang Gizi
Bertugas menghitung kelompok rentan dan pemantauan sumber makanan yang bergizi bagi masyarakat terdampak banjir.
4. Bidang Suveilan
Bertugas untuk selalu siaga dengan intelejen penyakitnya.
5. Bidang P2 Vektor siaga dan pemantauan di wilayah pengungsian.
“Kepada seluruh Kepala Puskesmas agar melayani masyarakat korban banjir dengan tidak memungut bayaran atau GRATIS, walaupun tidak memiliki kartu BPJS,” tegas Kadis Kesehatan Seluma.
Berikut pengelola program di masing-masing Puskesmas agar meberi laporan dan dokumentasinya. (EM)

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn
On Key

Related Posts