Bupati Seluma membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Seluma Tahun 2020

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Bupati Seluma H. BUNDRA JAYA, SH,MH membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Seluma Tahun 2020 yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Seluma, Rabu (20/03/2019).

Musrenbang RKPD Kabupaten Seluma Tahun 2020 yang berlangsung 1 hari ini mengambil tema “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat melalui Penumbuhkembangan Kewirausahaan, Layanan Perlindungan Sosial, Penataan Ibu Kota Kabupaten serta Kualitas Keimanan dan Ketaqwaan” dan dihadiri oleh 200 orang peserta yang terdiri dari Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Daerah Pemilihan Kabupaten Seluma, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seluma, Unsur FKPD, Bappeda Provinsi Bengkulu, Bappeda Kabupaten/Kota, OPD di Lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kabupaten Seluma, Kementerian Agama Kabupaten Seluma, MUI, BPS, KONI, BPN, BKSDA, FKUB, Andesi, Camat, Pendamping Ahli P3MD, BUMN/BUMD, Koorkab PKH, Koorkab TKSK, Forum Kades, Tokoh Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada di Kabupaten Seluma.

Kepala Bappeda Kabupaten Seluma Supratman, S.Pd, MM sebagai Ketua Penyelenggaraan Musrenbang RKPD Kabupaten Seluma Tahun 2020 melaporkan bahwa Musrenbang RKPD Tahun 2020 ini merupakan tindak lanjut dari Pasal 95 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta Tata Cara Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja pemerintah Daerah yang menegaskan bahwa tahapan penyusunan dokumen RKPD diantaranya melaksanakan Musrenbang RKPD Kabupaten dengan maksud untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap rancangan RKPD Kabupaten.

Adapun sasaran dilaksanakannya Musrenbang RKPD Kabupaten Tahun 2020 ini adalah untuk mengakomodir usulan program pembangunan di Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2020, tersedianya data usulan program dan kegiatan Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2020 sebagai bahan masukan pada Musrenbang Provinsi Bengkulu serta tersusunnya Rancangan RKPD Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2020, lanjut Supratman, S.Pd, MM.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya dalam sambutan sekaligus pengarahannya menyampaikan antara lain fokus pembangunan Kabupaten Seluma pada Tahun Anggaran 2020 adalah penanggulangan kemiskinan, pengentasan desa tertinggal dan sangat tertinggal, penataan ibu kota Kabupaten, penumkembangan kewirausahaan, peningkatan perlindungan sosial bagi PMKS, meningkatnya penyelenggaraan penanggulangan bencana, terwujudnya kerukunan umat beragama dan peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan serta terwujudnya budaya yang memiliki nilai-nilai agama melalui penyelenggaraan seni dan budaya keagamaan.

H. Bundra Jaya mengajak seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Seluma, Kepala OPD, Dunia Usaha dan Stakeholder Kabupaten Seluma untuk berkomitmen kuat dan berupaya maksimal mencapai sasaran yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten Seluma Tahun 2016-2021.

Khusus kepada para Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma mendapat penekanan khusus dari Bupati Seluma yaitu harus proaktif dan tanggap terhadap prioritas pembangunan yang dibutuhkan masyarakat serta berusaha secara maksimal mencari informasi ke Pemerintah Pusat (Kementerian terkait) dan Provinsi agar Kabupaten Seluma mendapat alokasi program dan kegiatan pembangunan yang dibiayai oleh APBN maupun APBD Provinsi Bengkulu, demikian arahan H. Bundra Jaya yang selanjutnya membuka secara resmi Musrenbang RKPD Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2020.

Hadir mewakili Gubernur Bengkulu yaitu Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan DR. Sumarno, M.Pd yang membacakan sambutan Gubernur Bengkulu.

Sedangkan Anggota DPD RI Ahmad Kennedi yang merupakan Tokoh Masyarakat sekaligus Tokoh Presidium terbentuknya Kabupaten Seluma turut menyampaikan sambutan yang mengajak seluruh elemen masyarakat Kabupaten Seluma bahu membahu membangun Kabupaten Seluma agar dapat mengejar ketertinggalannya dari Kabupaten/Kota lain dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakanya. Dengan penuh semangat Ahmad Kanedi, SH, MH menyerukan yel yel Seluma MAJU Seluma MAJU Seluma MAJU !!.

Kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Seluma Tahun Anggaran 2020 ini diisi dengan Paparan dari Kepala Bappeda Kabupaten Seluma dan Paparan kepala Bappeda Provinsi Bengkulu yang dilanjutkan dengan diskusi untuk mencapai kesepakatan yang menjadi kesimpulan dari pelakasanaan Musrenbang RKPD Kabupaten Seluma Tahun 2020 ini. (HS)

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *