PENGUKUHAN PENGURUS SAKA BAKTI HUSADA KABUPATEN SELUMA

Tais, Media Center Kabupaten Seluma -Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si. dalam rangka Kegiatan Pertemuan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dalam Saka Bakti Husada (SBH) dan Pengukuhan Pengurus SBH Kabupaten Seluma yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Seluma di halaman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Seluma. Sabtu (18/05/2019).

Sebelumnya Drs. Suparto, M.Si. sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Seluma pada hari Jum’at 17 Mei 2019 mengukuhkan Majelis Pembimbing dan Pengurus Saka Bakti Husada Kabupaten Seluma masa bakti 2019-2024.

Ada pun Ketua Majelis Pembimbing adalah Kadis Kesehatan Seluma Rudy Sawaludin, S.Sos dan anggotanya terdiri dari kabid Kesmas, Kabid Yankes dan SDK dan Kabid P3 Dinas Kesehatan Seluma serta mengukuhkan Koordinator dan anggota dari Saka Bakti Husada yang terdiri dari 6 (enam) krida yaitu:
1) Krida Bina Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).
2) Krida Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Kerja Olah Raga. 
3) Krida Bina Keluarga Sehat. 4) Krida Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit. 5) Krida Bina Gizi 6) Krida Bina Obat.

Sekretaris umum SBH Kabupaten Seluma yang sekaligus menjabat Kasi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Basar Hutabarat, SKM menjelaskan bahwa Saka Bakti Husada beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berasal dari SMA dan SMK di Kabupaten Seluma yang mempunyai minat dan bakat dibidang kesehatan.

“Perkemahan dilaksanakan dua hari tanggal 17 dan 18 Mei 2019, kegiatan yang dilaksanakan dalam perkemahan mengajarkan Ke- Enam Krida dalam SBH”, ungkap Basar Hutabarat. SKM

Saka Bakti Husada Kabupaten Seluma dibentuk oleh kwartir cabang yang dibina oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma, bertujuan untuk mewujudkan kader yang dapat membantu melembagakan norma-norma hidup sehat bagi semua anggota gerakan pramuka di Institusi Pendidikan, rumah tangga dan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.(EM)

MC Kabupaten Seluma/Kominfo Seluma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *