Pendamping Desa Ujung Tombak Suksesnya Pembangunan Desa di Kabupaten Seluma

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Bupati Seluma yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Mirin, SH, MH membuka Acara Rapat Koordinasi Pendamping Desa Se- Kabupaten Seluma Tahun 2019 yang dilaksanakan di Aula Bappeda Kabupaten Seluma, Kamis (04/04/2019).

Rapat Koordinasi Pendamping Desa dengan tema “Optimalisasi dan Sinergitas dalam Membangun Desa Tahun 2019″ ini diikuti oleh Seluruh Pendamping Desa Tingkat Kecamatan dan Pendamping Lokal Desa Se-Kabupaten Seluma serta dihadiri para Kepala OPD atau yang mewakili.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan Mirin, SH, MH mengatakan “Keberadaan Pendamping Desa merupakan bagian dari mitra strategis untuk mensukseskan pembangunan desa di Kabupaten Seluma karena Pendamping Desa merupakan ujung tombak di lapangan atau di desa, untuk itu saya minta peran aktif untuk mendampingi desa, disiplin dalam melaksanakan tugas di lapangan serta selalu berkoordinasi dalam setiap perkembangan kegiatan yang dilaksanakan di desa kepada satuan kerja yaitu Camat dan Kepala Desa”.

Selanjutnya Mirin, SH, MH mengharapkan kepada para Pendamping Desa untuk aktif melakukan sosialisasi dalam pendampingan pengelolaan dana desa, agar lebih efektif dan berguna bagi kepentingan masyarakat desa dalam rangka memajukan desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat setempat.

Plt. Kepala Dinas PMD Kabupaten Seluma Saparudin, SH melaporkan bahwa pada Tahun 2018 Kabupaten Seluma mendapatkan Dana Desa sebesar Rp. 126.703.577.000,- dan Tahun 2019 Dana Desa meningkat sebesar Rp. 143.052.107.000,- atau terjadi peningkatan sebesar 14,14%. Sedangkan untuk ADD Tahun 2018 Kabupaten Seluma menerima sebesar Rp. 51.529.534.800,- dan Tahun 2019 meningkat sebesar Rp. 53.377.811.400,- atau terjadi peningkatan sebesar 13%.

Dengan meningkatnya penerimaan desa pada tahun 2019, maka volume pekerjaan di desa juga bertambah, sehingga diminta kepada Pendamping Desa agar bekerja lebih keras guna terlaksananya proses peningkatan kapasitas, efektifitas dan akuntabilitas Pemerintah Desa yang partisipatif, meningkatnya sinergi antar sektor Program Pembangunan Desa dan optimalisasi sumberdaya lokal desa, baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya pembangunan secara partisipatif.

MC Kabupaten Seluma./ Kominfo Seluma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *