Pariwisata

Pariwisata Kabupaten Seluma

1.  Batu Bekinyau 

Salah satu Objek wisata yang ditawarkan kabupaten Seluma adalah Objek wisata batu bekinyau, dinamakan Batu Bekinyau karena sesuai dengan namanya “Bekinyau” yang berarti memantulkan cahaya. Objek wisata ini Terletak di desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma, 1 jam perjalannan dari kota Bengkulu. Kabupaten Seluma memiliki banyak potensi sumber daya alam yang apabila dikembangkan tentunya tidak kalah dengan yang dimiliki oleh Kabupaten/Kota lain yang ada di Bengkulu bahkan di Indonesia. Salah satunya adalah potensi obyek wisata yang terdapat di Desa Sengkuang Jaya Kecamatan Seluma Barat yaitu Air Terjun Batu Bekinyau 1 dan Air Terjun Batu Bekinyau 2. Untuk sampai ke lokasi Air Terjun tersebut sangat mudah dan tidak terlalu jauh dari jalan raya.

2. Air Terjun Skeruh

Air Terjun Skeruh, berada di Lokasi PTPN VII Padang Pelawi, masuk wilayah Desa Niur Kecamatan Seluma. Semoga ke depan, Air Terjun Skeruh yang sangat unik ini dapat dikembangkan sebagai obyek wisata yang dapat dikelola oleh BUMDES desa Niur dan menjadi tujuan wisatawan domestik maupun luar negeri.

3. Wisata Air terjun Lubuk Resam
Wisata dengan keaslian alam yang masih terjaga ini Terletak +/- 35 Km dari pusat kota kabupaten, tepatnya di desa Lubuk resam Kecamatan Seluma Utara Kabupaten Seluma. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, karena terdiri dari 5 baris air terjun pada satu dinding karang dengan ketinggian +/- 70 m.
4. Wisata Bendungan Seluma
Merupakan sebuah bendungan besar yang dibangun untuk mengairi persawahan penduduk sepanjang aliran Sungai Seluma. Obyek wisata bendungan seluma mulai tahun 2007 akan dikembangkan obyek wisata kepada pengembangan wisata bendungan seluma melalui program multi years selama 3 tahun.
5. Air Terjun Kroya Desa Talang Sebaris
Kabupaten Seluma memiliki banyak Objek Wisata yang sangat indah dan patut untuk dikunjungi. Sayangnya objek wisata ini belum banyak diketahui oleh masyarakat Kabupaten Seluma, apalagi dari luar Kabupaten Seluma. Salah satunya adalah Air Terjun Kroya yang berada di Desa Talang Sebaris Kecamatan Air Periukan. Air terjun yang sangat indah dengan alamnya yang masih hijau dan asri. Menuju ke lokasi air terjun tidak terlalu susah. Jangan mengaku traveller atau generasi jaman now kalau belum ke Air Terjun Kroya di Desa Talang Sebaris Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma ini.
sumber video : kominfo seluma