Lambang Daerah

 

MAKNA/ARTI LAMBANG

BINTANG SEGILIMA  :  Melambangkan Ketuhanan Yang Maha Esa bahwa rakyat Kabupaten Seluma, Menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan yang dinilai rakyat Kabupaten Seluma sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

SEPASANG BURUNG WALET  :  Melambangkan bahwa rakyat Kabupaten Seluma mempunyai etos kerja yang tinggi tanpa kenal lelah, dinamis, penuh dedikasi, keterpaduan, persatuan dan kesatuan.

BUKIT HIJAU  :  Melambangkan kesuburan, kelestarian Alam serta menyimpan kekayaan alam yang potensial untuk kesejahteraan rakyat.

LIMA SUNGAI YANG MENGALIR  :  Sungai Andalas, Sungai Kungkai, Sungai Seluma, Sungai Talo, dan Sungai Alas, Melambangkan kesejukan, keserasian antara alam dan manusia yang melambangkan satu dengan yang lainnya bermuara pada satu tujuan dengan Visi Misi yang jelas.

PADI DAN KELAPA SAWIT  :  Melambangkan kemakmuran, keunggulan Kabupaten Seluma dalam bidang pertanian dan perkebunan.

RANTAI PENGIKAT PADI DAN KELAPA SAWIT  :  Melambangkan rakyat Kabupaten Seluma menjunjung tinggi dan menghormati serta melestarikan adat istiadat dan budaya masyarakat.

BENDUNGAN  :  Melambangkan rakyat Kabupaten Seluma menjalankan kehidupan dengan mengutamakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

17 BIJI PADI, 8 RANTAI PENGIKAT PADI DAN SAWIT, 45 LEMBAR DAUN SAWIT  :  Melambangkan Tanggal kemerdekaan Republik Indonesia dan rakyat Kabupaten Seluma tetap konsisten untuk menjaga keutuhan NKRI.

BINGKAI MERAH PUTIH  :  Melambangkan Kabupaten Seluma merupakan bagian Integral yang tak terpisahkan dari NKRI

WARNA HIJAU DAN KUNING PADA DASAR LAMBANG  :  Melambangkan bahwa Kabupaten Seluma yang subur dan memiliki Sumber daya alam serta rakyat aktif dalam menjaga kelestarian alam dan mengelolah serta memanfaatkan sumber daya alam tersebut secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat.

27 GELOMBANG LAUT, 1 BINTANG EMAS, 2 EKOR WALET DAN 3 BUAH BUKIT HIJAU   Melambangkan bahwa Kabupaten Seluma terbentuk pada tanggal 27 bulan Januari 2003

WARNA LINGKARAN HITAM  :  Melambangkan satu ikatan satu kesatuan yang tidak terpisahkan satu sama lainnya dengan satu kata SERAWAI SERASAN SEIJOAN “

 

PERDA KABUPATEN SELUMA NO.1 TAHUN 2007