KEGIATAN PENGAWASAN DAN PEMANTAUAN SEMBILAN BAHAN POKOK TAHUN 2019

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Seluma melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Kegiatan Pengawasan dan Pemantauan Sembilan Bahan Pokok serta Barang Beredar lainnya di Kecamatan Lubuk Sandi, Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma, Kamis (09/05/2019) pagi.

Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si sebagai Pengarah dalam Kegiatan Pengawasan dan Pemantauan Sembilan Bahan Pokok Tahun 2019 ini yang dikoordinir oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Seluma H. Budi Hermanto, SH, MH, diketuai oleh Kabag. Administrasi Perekonomian dan SDA Setda Kabupaten Seluma Zuraini, SP, MP, melibatkan beberapa OPD terkait, 3 Orang Camat di Lingkungan Kabupaten Seluma , 3 personil Polres Seluma dan 2 Personil BPOM Bengkulu. Melakukan Sidak Kegiatan Pengawasan dan Pemantauan Sembilan Bahan Pokok dan Barang beredar lainnya di Pasar Kamis Tumbuan, Mini Market dan beberapa toko di Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma.

Wakil Bupati Seluma Drs. Suparto, M.Si merasa senang dengan hasil Sidak di Pasar Kamis Tumbuan karena tidak ditemukannya bahan pangan yang kadaluarsa dan tidak layak dikonsumsi.

“Alhamdulillah tidak adanya bahan makanan yang mengandung bahan yang berbahaya, dikarenakan sekarang bulan puasa sehingga para pedagang tetap menjual bahan makanan yang halal dan tidak menimbulkan efek yang tidak baik bagi pembeli”. Ungkap Wakil Bupati Seluma.

Walaupun secara kasat mata tidak ditemukan barang yang berbahaya di Pasar Kamis Tumbuan, petugas dari Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Seluma tetap mengambil sampel beberapa bahan makanan berupa daging ayam, ikan asin dan ikan segar, untuk di teliti di BPOM Bengkulu. Adapun tujuan pengambilan sampel tersebut untuk diperiksa apakah bahan makanan yang dijual mengandung bahan berbahaya berupa borak, formalin atau bahan berbahaya lainnya. Harga sembilan bahan pokok yang dijual di Pasar Kamis Tumbuan tidak begitu mengalami kelonjakan harga sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Setelah melakukan Sidak di Pasar Kamis Tumbuan, Tim Pengawasan dan Pemantauan Sembilan Bahan Pokok dan Barang Beredar lainnya melanjutkan Sidak ke Mini Market dan Toko-toko yang ada di Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Sukaraja.

Ketika Sidak di salah satu toko yang ada di Kecamatan Air Periukan, H. Budi Hermanto meberikan himbawan kepada salah satu pemilik toko yang ada di di Kecamatan Air Periukan, “Pedagang harus melakukan pengawasan kembali pada produk yang dijual apakah sudah memasuki masa kadaluarsa atau belum, jika sudah memasuki masa kadaluarsa jangan diperjual belikan lagi” demikian imbau Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Seluma”.

Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Sekretariat Daerah Kabupaten Seluma Zuraini, SP, MP selaku Ketua Tim Pengawasan dan Pemantauan Sembilan Bahan Pokok dan Barang Beredar lainnya mengatakan hasil dari Sidak ke Mini Market dan toko-toko yang ada di Kecamatan Air Periukan dan Kecamatan Sukaraja, ditemui beberapa barang yang rusak, mendekati tanggal kadaluarsa dan bahan tambahan pangan yang tidak ada izin dari BPOM, sehingga dinilai tidak layak dikonsumsi lagi. Sebagian barang-barang tersebut oleh BPOM ada yang dimusnahkan langsung dan ada yg dibawa untuk diuji di Laboratorium BPOM Bengkulu.

Zuraini juga menghimbau bagi pedagang maupun pembeli jika menjual atau membeli tolong diperhatikan tanggal kadaluarsanya.

“Kepada pembeli agar lebih cerdas dan lebih cermat dalam membeli barang yang dijual di pasaran, harus diperiksa kode produksinya karena konsumen punya hak untuk menolak barang-barang yang dijual oleh pedagang. Begitupun dengan pedagang agar memperhatikan barang-barang yang dijualnya”, imbau Zuraini.

Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Seluma akan selalu memantau dan melakukan upaya-upaya dalam mengendalikan harga-harga sembilan bahan pokok dipasaran sehingga masyarakat Kabupaten Seluma dapat membeli bahan-bahan kebutuhan pokok tersebut dengan harga yang terjangkau. (EM).

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *