Dinas DUKCAPIL Kabupaten Seluma Tetap Melayani Perekaman KTP-EL di Hari Libur

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Seluma tetap melakukan pelayanan publik untuk masyarakat Kabupaten Seluma di hari libur seperti hari ini, Rabu (03/04/2019) yang merupakan Hari Libur Nasional memperingati Isra’ Mi’raj 1440 Hijriyah.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dewi Ilmiawanti S.Psi, M.AP menjelaskan bahwa pelayanan yang dilaksanakan adalah menindaklanjuti Surat dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Prof. DR. Zudan Arif Fakrullah, SH, MH atas nama Menteri Dalam Negeri tanggal 28 Maret 2019 yang isinya antara lain Bupati/Walikota agar memerintahkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk melakukan dukungan dan percepatan perekaman KTP-el bagi Warga Negara Indonesia wajib KTP-el yang belum merekam dengan melaksanakan pelayanan pada hari Sabtu, Minggu termasuk hari-hari libur lainnya.

Pelayanan yang disambut baik oleh masyarakat yang belum memiliki KTP-el ini dilaksanakan oleh Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur dimulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB meliputi pelayanan perekaman KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya yaitu Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan, Surat Pindah dan KIA, lanjut Dewi Ilmiawanti.

Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma juga sudah menjadwalkan Pelayanan Keliling Perekaman KTP-EL sebelum pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 yaitu di Kantor Camat Semidang Alas Maras, Kantor Camat Seluma Utara, Kantor Camat Sukaraja, Kantor Camat Semidang Alas, Kantor Camat Ilir Talo, Desa Pasar Ngalam dan Desa sido Sari.

Selain itu, Dinas Dukcapil Kabupaten Seluma melakukan inovasi dalam pelayanan dengan membuka pelayanan online melalui Aplikasi Whats Ap dengan nomor 085279872364 sehingga masyarakat tidak harus bolak-balik mendatangi Dinas Dukcapil untuk mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan tetapi cukup mengupload persayaratan dan apabila dokumen sudah selesai akan langsung dikabari melalui Whats Ap untuk pengambilan. (HS).

MC Kabupaten Seluma./ Kominfo Seluma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *