Bupati Seluma Hadiri Launching Program “Satu Juta Nelayan Berdaulat”

Jakarta, Media Center Kabupaten Seluma – Bupati Seluma H. Bundra Jaya, SH menghadiri acara launching program “Satu Juta Nelayan Berdaulat” oleh Menteri Koordonator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Senin (08/04/2019) siang, di Telkom Landmark Tower, Jakarta Selatan.

Pada peluncuran program Satu Juta Nelayan Berdaulat ini juga dirangkaikan dengan Seminar Nasional Nelayan Indonesia Berdaulat Melalui Dukungan Teknologi 4.0 sekaligus memperkenalkan produk aplikasi FishOn yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan di Indonesia, khususnya di wilayah terpencil.

Menko Luhut Binsar Panjaitan menyampaikan latar belakang diluncurkannya program Satu Juta Nelayan Berdaulat ini adalah baru dapat dimanfaatkannya kekayaan laut Indonesia yang menurut data UNDP pada Tahun 2017 sebesar USD 2,5 triliun per tahun hanya 7 persen dikarenakan minimnya penggunaan teknologi oleh para nelayan.

Kementerian Koordinator Kemaritiman telah melakukan terobosan yaitu bermitra dengan penyedia platform digital binaan Telkom Indonesia guna mengoptimalkan pengelolaan kekayaan laut Indonesia berbasis data digital dengan mengembangkan aplikasi FishOn yang memiliki fitur-fitur tempat mencari ikan, tempat jual beli ikan, produk perikanan, layanan pesan singkat dan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh nelayan di seluruh Indonesia.

Acara launching dan Seminar Nasional ini juga dihadiri oleh Direktur Utama PT Telkom Indonesia Alex J Sinaga, para Gubernur, Bupati dan Walikota serta undangan lainnya Sedangkan yang menjadi pembicara dalam Seminar adalah CEO FishOn Fajar Widisasono dan Guru Besar IPB Pakar Sistem dan Permodelan Perikanan Domu Simbolon. (HS).

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma.
Photo : Humas dan Protokol Setda Kabupaten Seluma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *