Bundra Jaya : Kabupaten Seluma Harus Damai dalam Pelaksanaan Pemilu 2019

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – “Kabupaten Seluma HARUS DAMAI dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 ini”, demikian ditegaskan oleh Bupati Seluma H. Bundra Jaya dalam Acara Silaturahmi dengan Pimpinan DPRD Kabupaten Seluma, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Seluma, KPU Kabupaten Seluma, Bawaslu Kabupaten Seluma , Instansi Vertikal, OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma, Camat, Kepala Desa/Lurah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Partai Politik, Ormas dan undangan lainnya, Kamis (11/04/2019) di Gedung Daerah Serasan Seijoan.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Kesbangpol Kabupaten Seluma ini mengambil Tema “Mari Kita Sukseskan Pemilu Damai di Kabupaten Seluma Tahun 2019 – Pilihan Boleh Beda, Persatuan dan Kesatuan Tetap Terjaga sekaligus dirangkaikan dengan Deklarasi Damai Pemilu 2019 yang ditandai dengan Penandatangan baliho Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Seluma.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Seluma Drs. Khairi Sustam, M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa acara silaturahmi ini diselenggarakan dalam rangka menyatukan visi dan langkah dari seluruh komponen dalam penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Seluma menuju terciptanya situasi yang aman, kondusif dan damai di Kabupaten Seluma dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019.

Kapolres Seluma AKBP I Nyoman Mertha Dana, S.IK, dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa Instansi Polri yang bertanggung jawab di bidang keamanan, khususnya dalam pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 ini sangat mengharapkan partisipasi masyarakat turut menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya masing-masing sehingga tercipta suasana yang damai dan harmonis baik menjelang sampai pelaksanaan Pemilu 17 April 2019 nanti.

I Nyoman Mertha Dana berpesan kepada Kepala Desa dan Lurah untuk menyampaikan kepada warganya, jangan sampai karena berbeda pilihan di Pemilu 2019 ini sampai terjadi perkelahian atau keributan, karena dikhawatirkan keributan yang terjadi di suatu tempat akan berimbas dan menyebar ke daerah lainnya.

“Masyarakat dan semua yang hadir di sini juga agar tidak mudah percaya dengan berita-berita yang beredar yang belum tentu kebenarannya. Agar ditelaah dulu dan tidak langsung menyebarkannya. karena Undang-Undang ITE memberikan sanksi yang berat kepada yang meyebarkan berita bohong”, sambung I Nyoman Mertha Dana.

“Mari kita jaga nama baik Kabupaten Seluma dengan saling bekerja sama saling bersinergi dengan Polri dan TNI dalam menciptakan situasi damai pada Pemilu 2019 ini”, disampaikan I Nyoman Mertha mengakhiri sambutannya.

Ketua KPU Kabupaten Seluma yang diwakili oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan Nazirwan, S.Sos mengajak masyarakat Kabupaten Seluma untuk bersama-sama mengawal jalannya Pemilu 2019 di Kabupaten Seluma gar berjalan tertib, aman dan lancar sesuai tahapan-tahapannya

Nazirwan, S.Sos juga menyampaikan bahwa masa kampanye akan berakhir pada tanggal 14 April 2019 pukul 00.00 WIB, sehingga diharapkan kepada Partai Politik dan Caleg segera membersihkan semua alat peraga kampanye termasuk baliho-baliho dan spanduk-spanduk di sepanjang jalan, di halaman rumah dan lainnya pada waktu yang telah ditentukan tersebut serta mengharapkan masyarakat tidak mempercayai kampanye hitam yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Untuk Logistik Pemilu yaitu surat suara dan kelengkapan lainnya sudah siap dan mulai disalurkan mulai hari ini untuk Kecamatan Semidang Alas dan Semidang Alas Maras sampai tanggal 16 April nanti untuk seluruh wilayah di Kabupaten Seluma”, sambung Nazirwan, S.Sos.

“Secara persentase persiapan Pemilu 2019 di Kabupaten Seluma ni sudah mencapai 95%, tinggal menyalurkan Surat Suara dan kelengkapannya ke seluruh TPS di Kabupaten Seluma”, penjelasan Nazirwan, S.Sos.

Ketua Bawaslu Kabupaten Seluma yang diwakili oleh Ketua Divisi Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar lembaga Iwan Setiawan, S.Pd.I antara lain menyampaikan bahwa tahapan demi tahapan dalam Pemilu 2019 di kabupaten Seluma terlah berjalan aman dan kondusif.

“Bawaslu menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta Pemilu yang telah mentaati peraturan dalam setiap tahapan mulai dari pencalonan hingga saat ini dan diharapkan hingga pelaksanaan Pemilu pada tanggal 17 April 2019”, disampaikan Iwan Setiawan, S.Pd.I.

Bawaslu Kabupaten Seluma juga mengharapkan netralitas dari Seluruh ASN dan Unsur TNI / Polri dalam mewujudkan Pemilu yang tertib, Jujur, Adil dan Berdaulat di Kabupaten Seluma.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya dalam sambutan sekaligus pengarahannya menyampaikan bahwa Kabupaten Seluma sudah memiliki semboyan ” Serasan Seijoan” yang artinya tidak menghendaki adanya keributan atau pertengkaran dalam pelaksanaan Pemilu 2019 ini.

Camat, Kepala Desa dan Lurah sebagai ujung tombak Pemerintah Kabupaten Seluma, agar selalu menyebarluaskan informasi dan mengingatkan masyarakat agar tidak mempercayai berita-berita bohong atau hoak yang sifatnya menghasut sehingga menyebabkan terjadinya keributan atau perselisihan.

“Seluma harus DAMAI”, ditegaskan oleh Bundra Jaya. Pancasila, Undang-Undang Dasara 1945 dan Keutuhan NKRI adalah harga mati.

“Jangan ada masyarakat yang Golput, mari datang ke TPS-TPS terdekat untuk menentukan pilihannya untuk Seluma yang lebih maju di masa depan”, pesan Bupati kepada para Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Sebelum acara ditutup, dilakukan penandatanganan Baliho Deklarasi Damai Pemilu Serentak 2019 di Kabupaten Seluma oleh Bupati Seluma, Kapolres, Dandim 0425/Seluma, Kajari, Ketua PN, Ketua KPU, Ketua Bawaslu Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Perwakilan Partai Politik . (HS).

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *