BIMBINGAN TEKNIS DAN BINCANG ASIK SPIP PEMKAB SELUMA

Tais, Media Center Kabupaten Seluma – Inspektorat Kabupaten Seluma menyelenggarakan Bimbingan Teknis / Workshop dan Bincang Asik (BISIK) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) bagi Stakeholder di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma dari tanggal 22 sampai dengan 24 April 2019.

Bimtek / Workshop SPIP yang dimulai Senin (22/04/2019) di Aula Bappeda Kabupaten Seluma dengan peserta Irban, Auditor dan P2UPD di Lingkungan Inspektorat Kabupaten Seluma dilanjutkan dengan Bincang Asik sekaligus Pembukaan, Selasa (23/04/2019) di Aula BPKD Kabupaten Seluma dengan Nara sumber Bupati Seluma H. Bundra Jaya, Sekretaris Daerah Irihadi, S.Sos, M.Si, Inspektur Kabupaten Seluma Drs. Ramlan Fahmi dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu yang diwakili oleh Auditor Madya Elfrida Nainggolan, SE serta diiikuti oleh seluruh Kepala OPD, Sekretaris dan Kasubbag Perencanaan dan Keuangan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Seluma.

Dalam laporannya Inspektur Pembantu Wilayah 4 Drs. Suranto, M.Si menyampaikan maksud diselenggarakannya Bimtek/Workshop dan Bisik SPIP adalah untuk memberikan pemahaman kepada Stakeholder terkait di Lingkungan Pemkab Seluma dalam melaksanakan SPIP khususnya dalam pelaksanaan penilaian maturitas SPIP.

“Adapun tujuan diselenggarakannya Bimtek/workshop dan Bisik SPIP ini adalah terlaksananya kegiatan penilaian maturitas SPIP di Lingkungan Pemkab Seluma secara mandiri (self assesment) Tahun 2019”, sambung Suranto.

Peserta Bimtek selama 3 hari ini sebanyak 187 orang terdiri dari Kepala OPD/Asisten/Kabag/Camat 55 orang, Sekretaris 52 orang, Kasubbag Perencanaan/Staf 52 orang, Irban 4 orang, Auditor dan P2UPD 24 orang dengan Narasumber dari BPKP Provinsi Bengkulu Elfrida Nainggolan, SE Auditor Madya dan Tim BPKP Provinsi Bengkulu serta Tim Inspektorat Kabupaten Seluma.

Bupati Seluma H. Bundra Jaya dalam sambutannya nenyampaikan antara lain bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintah ini memiliki peran penting dalam kegiatan penyelenggaraan pemerintahan karena dengan adanya SPIP dapat mendeteksi sejak dini kalau ada penyimpangan serta meminimalkan terjadinya tindakan yang dapat merugikan negara.

“Dengan penyelenggaraan SPIP secara menyeluruh diharapkan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik serta terciptanya pengawasan terhadap perencanaan hingga pencapaiannya di setiap lini kegiatan”, sambung Bundra Jaya.

Peraturan Penerintah Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah mengamanatkan kepada para Pimpinan Lembaga dan Kepala Daerah untuk melakukan pencapaian pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel dengan kewajiban melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintah.

Diharapkan dengan dilaksanakan Bimtek/Workshop SPIP selama 3 hari ini Pemerintah Kabupaten Seluma dapat mewujudkan SPIP yang baik hingga mencapai target level 3 dari maturitas SPIP pada akhir Tahun 2019 ini dan berupaya meningkat secara terus menerus hingga level tertinggi atau level optimum yaitu level 5. (HS).

MC Kabupaten Seluma / Kominfo Seluma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *